Senin, 28 Januari 2013

Kunci Sukses Bisnis Percetakan

Banyak orang yang kemudian sukses dalam bisnis cetak ini, meskipun sebagian yang lain ada yang ambruk setelah bertahun-tahun tak pernah mengalami kemajuan yang berarti. Sebagian yang lain bahkan ada yang putus asa, tidak sabar dan mengeluh karena beratnya persaingan tanpa mau memperbaiki diri.
Lalu apa kunci keberhasilan dalam bisnis percetakan sehingga mereka yang sukses dalam bisnis ini mampu membangun kepercayaan dengan branding yang cukup kuat. Kunci sukses jika ingin menjalankan Bisnis percetakan setidaknya ada 3 hal :
Pertama; Fokus. Ingin berbisnis apapun anda keseriusan menjadi syarat utama yang harus di penuhi. Bagi sebagian orang yang masih dalam tahapan belajar bisnis, maka keseriusan saja tidak cukup tapi juga harus fokus. Artinya anda hanya boleh menjalankan satu bisnis jika ingin mencapai keberhasilan yang maksimal. Akan sangat berat bagi kita untuk menjalankan 2 bisnis sekaligus dan mengaharap keduanya bisa sukses secara bersamaan, salah satunya pasti akan terkalahkan. Makanya fokus menjadi rukun bisnis yang ke tiga setelah motivasi dan keseriusan. Beda halnya jika anda telah memiliki bisnis yang bisa berjalan tanpa keberadaan anda, maka fokus bisnis tidak lagi mengikat anda untuk menjalankan bisnis yang lainnya.
Kekuatan fokus akan mempermudah semua langkah anda untuk mencapai target yang telah ditentukan. Tanpa kekuatan itu, langkah anda akan terombang-ambing oleh badai peluang bisnis yang berkecamuk dalam pikiran. Selalu saja kita akan melihat bahwa teramat banyak bisnis yang bisa dijalankan dengan hasil yang menggiurkan. Tanpa fokus anda akan tergoda untuk selalu mencoba berbagai bisnis yang menjadi peluang disekitar anda, pada akhirnya anda hanya akan capai mencoba dan mencoba dengan hasil yang selalu mengecewakan. Yakinlah bahwa bisnis apapun yang kita jalani pasti bisa mendatangkan hasil yang memuaskan jika kita tangani secara serius. Jadilah yang terbaik dalam bidang apapun yang kita pilih.
Kedua; Relasi. Dari penelitian kecil-kecilan pada sebuah forum bisnis, 80% diantara mereka sepakat bahwa relasi merupakan kunci sukses dari bisnis percetakan. Hubungan baik ini bisa mendatangkan order lebih dari 70%, selebihnya datang dari iklan dan faktor tempat yang strategis. Jika ingin memaksimalkan fungsi relasi ini maka anda harus kenal sebanyak mungkin orang, bisa dimulai dari teman dekat, tetangga, komunitas dan berbagai forum yang bisa anda ikuti. ”semakin banyak anda ketemu orang, maka semakin banyak kemungkinan anda mendapat rizki”, itulah kira-kira sepenggal kata bijak Mario Teguh dalam acara golden ways yang bisa kita saksikan setiap ahad malam di televisi.
Relasi ini sangat penting dalam mendongkrak perolehan omset bisnis percetakan, dari perkenalan satu orang akan menyebar ke beberapa orang dan akan semakin menguatkan kepercayaan mereka jika kemudian kita mengenal beberapa orang yang telah mengenal kita tersebut. Semua di awalai dari bir to bir, alias bibir ke bibir. Jika untuk melangkah satu tahapan ini saja anda berat, maka anda akan semakin kesulitan memasuki kunci sukses berikutnya. Banyak order yang bisa kita dapat dengan lebih mengedepankan pendekatan personal dari pada dengan surat penawaran.
Jagalah hubungan baik anda dengan siapapun, sebuah komunitas yang kita ikuti adalah sarana untuk membangun jaringan. Loyalitas tinggi untuk sebuah komunitas atau organisasi yang kita ikuti memang perlu untuk sebuah idealisme diri, namun semua itu tidak boleh menghalangi kita dalam membangun jaringan bisnis di komunitas lain.
Ketiga; Profesionalitas. Yakinkan pelanggan dengan layanan yang memuaskan. Layanan maksimal harus kita berikan sejak konsumen datang hingga pesanan selesai dikerjakan. Siapapun konsumen yang datang dan apapun yang ia pesan, hargailah dengan sambutan yang menyenangkan. Jangan pernah meremehkan pelanggan karena ordernya hanya kecil, disamping pelayanan terbaik itu merupakan etika bisnis yang harus dijunjung tinggi, seringkali dari order yang kecil itu akan mendatangkan order yang lebih besar lainnya.
Profesionalitas tidak cukup dari layanan terbaik, yang tak kalah penting lagi adalah produk dengan kualitas terjamin. Sebagus apapun layanan anda terhadap konsumen, namun jika produk yang diberikan tidak berkualitas, maka konsumen akan mencari alternatif produk di tempat lain. Dalam tahapan pengerjaan ini kita harus hati-hati, pastikan semua desain yang dipesan sudah disetujui konsumen. Jika kesalahan yang kemudian timbul adalah karena kelalaian anda, maka jangan segan-segan untuk mengganti cetak ulang.
Mungkin ada banyak kunci sukses dalam bisnis percetakan, namun tiga hal yang dapat saya simpulkan ini sedikit banyak semoga bisa menginspirasi anda yang ingin terjun dalam dunia percetakan. [AB Subranto/kakilangit]


JIKA KALIAN INGIN BELANJA ONLINE DAN FANATIC DENGAN BOLA,KAMI MENJUAL CLOTHING ATAU PAKAIAN CLUB-CLUB BOLA TERNAMA.
BUKA MEDIA KAMI DI TWITTER : @Gallery_Soccer dan WEBSITE : KLIK. dan JIKA INGIN MENGHUBUNGI KAMI KE : 08565390013 / 281DDD82.

Tidak ada komentar: